Sabtu, 04 Oktober 2008

Robot Berpotensi Menjadi Pembunuh

Robot saat ini bukan lagi menjadi cerita fiksi ilmiah, tapi sudah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang semakin maju, kini banyak lembaga bahkan pribadi yang mampu menciptakan robot.

Di bidang industri, robot sudah lama digunakan untuk menggantikan tugas-tugas yang biasa dilakukan manusia, seperti pengelasan, pemasangan baut dan sebagainya.

Bahkan belakangan ini semakin banyak perusahaan besar, seperti Toyota, Honda, dan Sony, yang berlomba-lomba menciptakan robot yang mampu menghibur. Robot-robot ada menyerupai manusia atau binatang, lengkap dengan gerakan dan suaranya.

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi dan semakin mudahnya membuat robot, para pakar militer justru mengkhawatirkan mesin-mesin ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, seperti kelompok teroris atau militan.

Dan takutnya pembuatan robot membuat kelompok teroris berpotensi melirik mesin-mesin pintar ini untuk dimanfaatkan sebagai senjata pembunuh.

Sejumlah negara dan perusahaan bahkan sudah memulai pengembangan teknologi untuk menghasilkan robot pembunuh. Untuk bidang ini, Departemen Pertahanan AS menjadi pihak yang paling maju.

Pasukan AS bahkan sudah memanfaatkan lebih dari 4.000 robot pembunuh ke Irak.

Masalahnya sekarang adalah sulitnya menjaga robot-robot berteknologi tinggi itu tak jatuh ke pihak lawan. Bila itu terjadi, maka akan dengan mudah teknologi itu dicontek dan digunakan untuk kepentingan jahat. Sehingga tak perlu keahlian tinggi untuk menghasilkan robot dengan tugas sesuai keinginan.

Kondisi inilah yang harus diwaspadai, karena bisa jadi para teroris akan lebih suka memanfaatkan jasa robot untuk melakukan penyerangan ketimbang merelakan seorang anggotanya melakukan aksi bom bunuh diri.

8 komentar:

susanti.wong mengatakan...

kesempatan 1 buat g ngeposting.
bom bunuh diri ala robot, wah bahaya tu... berdoa aja deh biar ga ada perang dunia ke3. jadi negara kita ga hancur. bayangkan negara2 maju pada buat teknologi untuk persiapan perang nah Indonesia mana ada, kaum muda aja jarang yang mau jadi militer. matiii deh...

Rini_MaShi mengatakan...

Stop....!!! Ga setuju bgt ne dgn robot kyk gt, tp g stuju n bersyukur bgt dgn adanya info ini, jd kt2 bs tau ttg bahaya dr robot ini.

Emilia mengatakan...

bahaya juga ampe ada bom bunuh diri pake robot...
Ini namanya PENYALAHGUNAAN BESAR!!!
smoga az penyalahgunaan robot seperti itu ga terjadi...

erwin mengatakan...

gila kali.....bom yang lewat robot...
bahaya bgt, gak ada gunanya robot kek gt..kalo hanya bt sekedar informasi ya ok2...aja


frenzz comment g ya...tq

Meriyanti mengatakan...

sayang bgt qlo kemampuan membuat robot dipake buat hal2 yg gak baik.
mgkn aja tuh bom bunuh diri pake robot bisa ada, sekarang ini aja da byk bgt bom bunuh diri manusia apa lg qlo pake robot bisa lebih nekat lg.
manusia itu menyeramkan, ckckckck!!!

Melz mengatakan...

wes.... bahaya banget tuch... mestinya robot kek gt gak ada hehehehe....kalau ada pasti tar dipakek para teroris dech...
hopefully not dech...

RiF mengatakan...

Ni neh...kesalahan terbesar manusia saking nahsunya menciptakan teknoolgi masa depan...Senjata makan Tuan!!!

Emmanuella^djb^ mengatakan...

yupp
emank bener tuhh
yang namanya teknologi klo dipake ma orang2 baek akan menhasilkan ssuatu yg baik pula, tapi klo dipake ma orng2 yg berotak devil , mugnkin aja bakal terjadi perang dunia ke 3 kalii..
^^
tapi yahhh moga2 jangan dehhh